Thursday, March 15, 2012

Pesona Jembatan Cinta Pulau Tidung

     Pulau Tidung merupakan salah satu dari gugusan Kepulauan Seribu, Jakarta. Pulau yang membentang dari timur ke barat ini terdiri dari dua pulau besar yaitu Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Panjang keseluruhan Pulau Tidung mencapai lebih dari 5 Kilometer dengan luas mencapai 109ha. Pulau Tidung Besar merupakan pulau berpenduduk dengan populasi penduduk sekitar 5000 jiwa, sedangkan Pulau Tidung Kecil merupakan pulau tanpa penghuni.
     Pulau Tidung Besar dan Tidung Kecil dihubungkan oleh sebuah jembatan yang membentang sekitar 800 meter. Jembatan ini terhubung penuh antara ke dua pulau pada pertengahan 2009. Setelah mengalami beberapa kali renovasi akhirnya Jembatan ini sekarang tampak lebih cantik dengan kaki-kaki yang kokoh diatas batuan karang yang indah. Banyak wisatawan yang datang ke Pulau Tidung menghabiskan waktu disini baik yang sekedar duduk-duduk santai maupun yang berfoto ria. Tak heran jika kemudian banyak pengunjung yang menyebutnya sebagai "Jembatan Cinta". Entah siapa duluan yang memberi julukan tersebut, tapi hingga sekarang sebutan "Jembatan Cinta" sangat lekat dengan Pulau Tidung dan menjadi maskot dari Pulau Tidung.
Panorama Jembatan Cinta
Lompat Indah dari Jembatan Cinta
     Pulau Tidung dapat di tempuh sekitar 2,5 jam perjalan dengan menggunakan kapal fery reguler dari Muara Angke. Jika Anda mempunyai budjet lebih bisa juga menggunakan kapal speedboat dari Marina Ancol dengan waktu tempuh kurang dari 1 jam perjalanan. Sebagai alternatif bisa juga ditempuh menggunakan transportasi milik Departemen Perhubungan dari pelabuhan Kali Adem dengan lama perjalanan sekitar 2 jam waktu normal. Bagi anda yang tinggal di sekitat Banten dapat juga memanfaatkan pelabuhan "Rawa Saban" - Paku Haji untuk menyeberang ke Pulau Tidung. Dengan banyaknya alternatif transportasi diharapkan wisatawan lebih mudah untuk berkunjung ke Pulau Tidung.

Title: Pesona Jembatan Cinta Pulau Tidung; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

3 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete